Minggu, 17 Juli 2011

Membuang (discharge) muatan elko besar



Jika switching regulator gagal bekerja atau gagal start, maka biasanya elko besar masih menyimpan muatan.

Ada kebiasaan beberapa teknisi membuang muatan elko seperti ini menggunakan solder. Hal ini sebenarnya merupakan kebiasaan yang kurang baik. Sebab tanpa mereka sadari kadang hal seperti ini dapat menyebabkan elemen solder putus.

Kenapa hal ini dapat terjadi?

Perlu diketahui bahwa tegangan muatan listrik pada elko besar adalah 300v. Seangkan tegangan kerja elemen solder hanya 220v. Kalau muatan pada elko besar masih penuh serta nilai elko 220u atau lebih maka muatan listrik ini bisa saja merusak elemen solder.

Kebiasaan buruk lainnya membuang elko besar adalah dengan men-shortkan kaki-kaki elko dengan obeng. Hal ini ada kemungkinan merusakkan elko itu sendiri, dimana sambungan kaki elko didalamnya ada resiko akan terbakar.

Bagaimana sebaiknya membuang muatan elko besar?

Sediakan selalu sebuah resistor dengan nilai sekitar 30k~50k/2w
Jika memperbaiki power suply dengan problem gagal bekerja, maka biasanya resistor ini untuk sementara kami solder langsung pada kaki-kaki elko besar. Dan jika problem sudah ok, resistor baru dilepas.

1 komentar:

  1. Jujur saya lebih sering menggunakan cara yang keliru tadi, dengan adanya artikel ini semoga bisa merubah kebiasaan yang tidak baik, terima kasih Bro.

    BalasHapus

085236430000, 03357655765